Pelatih Ansan Greeners Sebut Asnawi Mangkualam Lebih Percaya Diri Jadi Bek Sayap

By ommed


nusakini.com - Karteker pelatih Ansan Greeners Lim Jong-heon menyatakan pemain asal Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar lebih percaya diri bila ditempatkan di posisi aslinya sebagai bek sayap.

Hal itu diungkapkan Jong-heon setelah melihat performa Asnawi ketika Ansan dikalahkan Bucheon 1995 dengan skor 2-1 pada akhir pekan. Asnawi kembali dipercaya sebagai starter setelah sebelumnya lebih sering dimainkan dari bangku cadangan.

Di era pelatih Cho Min-kook, Asnawi lebih sering ditempatkan sebagai sayap kanan. Bahkan terkadang Min-kook menaruh Asnawi di posisi penyerang sayap. Perubahan itu membuat Asnawi jarang mendapatkan tempat di skuad utama.

Kehadiran Jong-heon membawa perubahan. Menurut Jong-heon, Ansan sebetulnya mengalami kendala di sektor pertahanan. Asnawi dijadikan full-back kanan dengan tiga bek tengah. Skema ini membuat Asnawi bermain lebih agresif dibandingkan empat bek.

Asnawi terlihat agresif membantu serangan, dan bekerja sama dengan Robson Duarte yang ditempatkan sebagai sayap kanan. Bahkan penetrasi Asnawi di menit ke-66 menghasilkan hadiah penalti. Duarte pun sukses menjalankan tugasnya untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

“Tidak banyak pemain pengganti [di sektor pertahanan]. Kami menambah jumlah pemain belakang untuk mengurangi beban pertahanan [saat menyerang],” jelas Jong-heon dikutip laman Sportal Korea.


“Asnawi mengalami kesulitan memainkan bek sayap di empat bek. Jika Anda melihat bek sayap di sebelah kanan dari tiga bek tengah, Anda dapat melihat dia percaya diri. Asnawi lebih suka bermain dari belakang. Dia merasa terbebani dengan ketiadaan ruang.”

Kendati demikian, Jong-heon menilai masih ada kekurangan pada diri Asnawi. Ia berharap mantan penggawa PSM Makassar ini meningkatkan staminanya, sehingga permainan agresif yang diharapkan muncul dari sektor sayap bisa terwujud.

“Saya berusaha membuat Asnawi lebih agresif. Sektor pertahanan perlu ditingkatkan. Peningkatan itu akan diperoleh secara bertahap. Jika kekuatan fisiknya sudah bagus, dia bisa menjadi pemain yang snagat agresif di sektor kanan,” beber Jong-heon.

Ansan kini sedang berusaha keluar dari status juru kunci klasemen setelah menelan empat kekalahan beruntun. Mereka selanjutnya akan menghadapi Busan IPark. (gi/om)